Jumat, 03 Maret 2017

INILAH DIA DANPASPAMPRES YANG TAK KALAH HEBAT DARI BODYGUARD RAJA SALMAN

IKLAN ATAS
IKLAN TENGAH
Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono bersama Joko Widodo
Kedatangan Raja SALMAN ke Indonesia memang menjadi kabar yang sangat heboh, dimana-mana membicarakan Raja Arab Saudi ini. Dari hal besar sampai hal paling kecil tentang Raja Salman semua dikupas secara mendalam tak terkecuali Bodyguard Raja Salman yaitu Sosok seorang pria gundul, berbadan tinggi tegap, memakai setelan jas rapi, dan punya sorot mata yang tajam.
Siapa dia?
Ya, pria gundul itu adalah Brigadir Jenderal Abdul Aziz Al-Faghm.

Namun mari terlebih dahulu kita kenalan dengan Komandan Paspampres Joko Widodo.

Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono S.H., M.H., M.Tr. (Han)

 

Dia adalah Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono lahir di Semarang, Jawa Tengah, 25 Juli 1965. Bambang menjabat sebagai Komandan Paspampres (Danpaspampres) sejak mei 2016 hingga 23 Februari 2017. Dia mulai terjun di dunia militer setelah lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1987 dan masuk ke korps Marinir.

Pria berumur 51 tahun ini pernah melakoni sejumlah jabatan lain di Paspampres. Dari Danden Matan, Danden Pamsus Grup A Paspampres hingga Wako Paspampres pernah dijalaninya.
Sejak tahun 2004, Bambang sudah menjadi perwira tinggi. Kala itu dia menjabat sebagai Danyonif 7/Mar. Setelah itu dia mulai memegang jabatan di Paspampres.
Bambang merupakan alumni Akademi Angkatan Laut 1987. Sejumlah posisi pernah dijabatnya seperti Sahli Pangarmabar, Komandan Resimen (Danmen) Akademi Angkatan Laut (AAL) dan lainnya.

Karir Militer 
Danyonif 7/Mar (2004)
Danden Matan
Danden Pamsus Grup A Paspampres
Komandan Resimen Kavaleri 2/Marinir (2007-2007)
Pabanops Asops Dankormar (2007)
Komandan Brigif 3/Marinir (2011)
Sahli Pangarmabar (2013)
Komandan Resimen AAL (2013)
Wadanpaspampres (2014)
Danpaspampres (2016)
Dankormar (2017)
Baca juga: Sungguh Mengagumkan..! Ini Dia Danpaspampres Anyar yang Pernah Jadi Komandan Denjaka
Brigjen TNI Suhartono Komandan Paspampres Pengganti Mayjen TNI Bambang Suswantono
Brigjen TNI Suhartono mendapatkan posisi baru sebagai Komandan Paspampres (Danpaspampres) menggantikan Mayjen TNI Bambang Suswantono. Mutasi ini dilakukan berdasarkan surat keputusan Panglima TNI Nomor Kep/141/II/2017 tanggal 23 Februari 2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Biodata Brigjen TNI Suhartono

Nama Lengkap : Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)
Tempat/Tanggal Lahir : Batang, Jawa Tengah, 15 April 1966
Sebelum mengemban amanat sebagai Komandan Paspampres, Suhartono merupakan Danlantamal XI/Mer Korarmatim atau Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX/Merauke Komando Armada Indonesia Kawasan Timur.
Brigjen TNI Suhartono merupakan perwira berprestasi. Saat masih berpangkat Kolonel Maritim memimpin pasukan untuk melakukan penyerbuan perompak Somalia yang menguasai kapal MV Sinar Kudus pada tahun 2014 lalu. Aksi heroiknya terekam dalam buku ‘Satgas Merah Putih: Memburu Perompak Somalia’ yang diterbitkan Markas Komando Korps Marinir.
Baca Juga : MAU JADI PENERBANG TNI? SEGERA DAFTAR DI PENERIMAAN GRATIS INI
Brigjen TNI (Mar) Suhartono, MTr (Han) merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1988.
Bertugas sebagai paspampres bukanlah hal baru baginya. Ia tercatat pernah menjadi Dandenwalpri Grup A Paspampres.
Nama Suhartono juga tercatat pernah menjadi Satuan Intai Amphibi dan menjabat Komandan Denjaka pada tahun 2011 silam.
Pendidikan :
Akademi Angkatan Laut  Lulus tahun 1988
Counter Terorism Intelegence Analysis (BIA-CIA) 1997
Commando Mariners-Cofusco (Perancis) 1997
US Navy Seal-Guam (AS) 1997
Terrorism Device Threat and Response (BIA-CIA) 1998
Post Incident Intelegence Collection (BIA-CIA) 1999
Counter Terror-Batalyon Kontra Terror 707 (Korea Selatan)
Alumni Seskoal Angkatan 39 tahun 2002
Tanda Jasa
Tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun
Satya Lencana Dharma Nusa.
Riwayat Karir
Dandenwalpri Grup A Paspampres
Komandan Satuan Intai Amphibi
Wakil Komandan Denjaka
Danlanal Biak Lantamal XI
Komandan Denjaka (2011)
Kas Brigif 2 Pasmar 2 (2008)
Komandan Brigif 2 Mar
Staf Ahli di Koarmabar
Asrena Kormar (2014)
Komandan Resimen AAL (2015)
Komandan Lantamal XI/Merauke (2016)
Komandan Paspampres (2017)
Brigadir Jenderal Abdul Aziz Al-Faghm

Dia merupakan jebolan kesatuan pasukan elit Arab Saudi.Penulis sekaligus pakar perang dan militer, Thomas Wictor, menulis, Abdul Aziz Al-Faghm merupakan satu dari sedikit tentara di Saudi yang punya kualifikasi komplet.
Berikut, 5 fakta menarik soal Brigjen Al-Faghm :
1. Skill Komplet, Mulai Pilot Sampai Penjinak BomBerbagai badge (tanda lulus pendidikan militer) yang telah dimilikinya antara lain badge Pasukan Khusus, serta badge Pasukan Rahasia Anti-Terorisme Saudi.
Selain badge itu, Abdul Aziz Al-Faghm punya badge pelatihan terjun payung dari sejumlah pasukan elit Amerika Serikat, yakni US Army Master Parachutist jump wings dan US Navy Master Parachutist jump wings.
Tak hanya piawai soal bertempur di darat, Abdul Aziz Al-Faghm juga bisa menerbangkan pesawat maupun helikopter dalam kondisi darurat.
Hal itu ditunjukkan dari badge Saudi Air Force pilot’s wings yang ia miliki. Lalu, badge Saudi Combat Diver, merupakan bukti bahwa menyelam di laut, adalah kemampuan yang mudah saja baginya.
Ia bahkan dikenal punya kemampuan menjinakkan bahan peledak, dari badge penjinak bom yang dimilikinya.Semua badge itu dimiliki oleh Abdul Aziz Al-Faghm melalui pelatihan selama lebih dari 10 tahun.
2. Tua Hanya UsianyaSebagai seorang tentara berpangkat brigadir jenderal, Abdul Aziz Al-Faghm diyakini telah berusia sekitar 50 tahun.Tapi, penampakan fisiknya seringkali membuat orang kagum.Fisik tubuhnya masih tegap, kekar, dan terjaga.Menurut Thomas Wictor, kekuatan fisiknya bahkan disebut-sebut masih bisa menandingi seorang tentara di usia 20 tahunan.
Diolah dari berbagai sumber: http://www.aktualita.co/profil-brigjen-tni-suhartono-komandan-paspampres-pengganti-mayjen-tni-bambang-suswantono/11864/,  https://sandhi-yudha.blogspot.com/2017/03/brigadir-al-faghm-bodyguard-setia-raja.html.
IKLAN BAWAH

Related Posts

INILAH DIA DANPASPAMPRES YANG TAK KALAH HEBAT DARI BODYGUARD RAJA SALMAN
4/ 5
Oleh